Diberdayakan oleh Blogger.

Cari Artikel :

Ujian ? kenapa mesti pensil 2B ?

Mendengar kata ujian, hal yang pertama terlintas dipikiran kita adalah pensil 2B.
Mengapa sosok pensil 2B menjadi sangat penting dikala kita ujian, yang fungsi aslinya untuk mengisi LJK, yang akan di koreksi secara otomatis melalui system komputer.
Pensil terbuat dari campuran grafit, tanah liat, dan air. Komposisi campuran menentukan tingkat kekerasan dan kehitaman bahan ini. Pada pensil 9B warnanya sangat hitam.  Pensil 2B itu moderat, tidak terlalu lunak dan tidak terlalu hitam. Untuk komputer, pensil 2B ini bagus karena tidak merusak kertas, dan cukup gelap sehingga bisa terbaca oleh alat scan dengan baik. Spidol tidak baik karena sukar untuk mengisi bulatan secara sempurna. Fulpen terlalu tajam dan bisa merusak kertas. Jadi, itulah alasan mengapa hanya pensil 2B yang yang dinilai tepat untuk digunakan menandai lembar jawaban ujian yang akan dibaca komputer.

Kemudian, jika sudah berbicara tentang pensil 2B, maka akan terpikirkan lagi, mesin pengkoreksi otomatis, atau yang biasa disebut DMR (Digital Mark Reader).
Ada dua merk scanner OMR yang terkenal di Indonesia, yaitu OpScan & Scantron. Kecepatannya beragam, 3.000 - 10.000 lembar per jam.
Beberapa kelemahan OMR adalah:

  1. Kertas form di atas 80 gsm, perlu cetakan dua warna berpresisi sangat tinggi pada perbanyakan form-nya.
  2. Perlu campur tangan programmer untuk merancang setiap 1 jenis form.
  3. Alat tulis untuk pengisian form-nya harus pensil 2B. Penggunaan pensil palsu dapat berakibat fatal.
  4. Kecepatan tertinggi sulit dicapai karena scanning terhenti bila isian peserta tak valid.
  5. Verifikasi data sulit dilakukan karena perlu pencarian kertas/form secara fisik.
  6. Harga scannernya tidak terjangkau oleh lembaga yang kemampuan finansialnya kecil.
 Cara kerja yang otomatis membuat tugas untuk mengkoreksi menjadi lebih mudah. Bayangkan jika pada saat Ujian Nasional, Berapa ribu peserta ujian, dan berapa lama waktu yang digunakan untuk mengkoreksi jika tidak ada alat bantu dengan pengkoreksian melalui system Komputerisasi.

sumber : 
-http://www.adipedia.com/mengapa-pensil-2b-sering-digunakan-untuk-mengisi-lembar-ujian/ 
-http://www.digitalmarkreader.com/news/product-amp-update/dmr-versi-3-teknologi-alat-pemeriksa-ujian-termut-4.html

Posting Komentar

TAHUKAH ANDA ? | BERIKUT 10 SUNGAI TERPANJANG DIDUNIA | 10. Sungai Lena berada di Benua Eropa (Rusia) memiliki panjang 4400 km | 9. Sungai Amur berada di Eropa dan Asia memiliki panjang 4444 kilometer | 8. Sungai Kongo berada di Afrika memiliki panjang 4700 kilometer | 7. Sungai Kuning atau Huang Ho berada di China Benua Asia memiliki panjang 5464 kilometer | 6. Sungai Ob – Irtysh berada di Eropa dan Asia memiliki panjang 5410 kilometer | 5. Sungai Yenisei – Angara – Selenga berada di Rusia dan Mongolia memiliki panjang 5539 kilometer | 4. Sungai Mississippi – Missouri berada di Amerika Utara memiliki panjang 6275 kilometer | 3. Sungai Yangtze atau Chang Jiang berada di Negara China memiliki panjang 6300 kilometer | 2. Sungai Amazon berada di Amerika Selatan memiliki panjang 6400 kilometer | 1. Sungai Nil berada di Afrika memiliki panjang 6690 kilometer |

  © WIE BLOG MEDIA

Design by wie blog